Belajar Digital Marketing

Belajar digital marketing akan memberikan pengetahuan pemasaran dan keterampilan kritis yang mendasar dalam analisis pemasaran, pengambilan keputusan, dan komunikasi efektif ke organisasi-organisasi besar. Jika kamu belajar digital marketing, maka kamu akan mempelajari tentang cara-cara mempromosikan sebuah brand melalui media digital yang mampu menjangkau konsumen secara tepat, cepat, personal, dan relevan.

Kamu juga bisa belajar cara mempromosikan brand melalui buku. Dengan cara membaca Digital marketing book, kamu akan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas.

Lewat buku-buku yang telah dibaca, kamu juga bisa mengetahui strategi digital marketing yang efektif untuk dicoba pada usaha yang kamu miliki. Berikut ini saya akan merekomendasikan beberapa strategi efektif yang bisa kamu coba untuk bisnismu !

Strategi Efektif

1. Google My Business (GMB)

Google Bisnisku atau Google My Business merupakan salah satu layanan yang bisa kamu coba untuk menampilkan profil bisnis secara instan di halaman hasil pencarian Google. Ada pun data yang ditampilkan berupa alamat, jam operasional, hingga rating bisnis.

Dengan menggunakan Google My Business, konsumen dapat menemukan lokasi bisnismu dengan lebih mudah. Kamu juga bisa memperlihatkan review terbaik dari konsumen sebagai media promosi. Adapun ketika menggunakan Google My Business, selalu pastikan penilaian konsumen terhadap bisnismu, karena dapat membantu menampilkan persona bisnis yang baik.

2. Whatsapp for Business

Whatsapp memiliki pengguna yang sangat banyak di Indonesia. Kamu bisa memanfaatkan hal ini. Namun, kamu tidak disarankan untuk menggunakan jenis Whatsapp biasa. Gunakanlah Whatsapp for Business untuk akun bisnismu.

Kenapa harus Whatsapp for Business?

Karena aplikasi khusus tersebut memiliki banyak fitur untuk menampilkan profil bisnis, katalog produk, hingga fitur statistik pesan. Dengan menggunakan Whatsapp for Business ini juga dapat membantu kamu membalas pesan calon pembeli melalui fitur automated messaging.

3. Website

Website juga suatu hal yang penting untuk kamu miliki. Karena untuk menampilkan identitas sebuah bisnis secara online. Selain itu, website juga menjadi tanda profesionalitas suatu bisnis. Jika tak ingin repot membangun web dari nol, gunakanlah Content Management System (CMS) yang praktis seperti Wix ataupun Squarespace. Ketika membangun sebuah website, sebaiknya kamu membeli domain dan hosting sehingga nama bisnismu terdaftar sebagai domain .com atau .co.id yang mana dapat menunjukkan sisi profesionalitas website bisnismu.

4. Search Engine Optimization (SEO)

Strategi yang satu ini masih berhubungan dengan website. Search Engine Optimization (SEO) dapat diterapkan dengan tujuan untuk membuat website bisnis yang dimiliki muncul di halaman pertama hasil pencarian Google dengan kata kunci tertentu.

Di dalam SEO terdapat beberapa strategi atau teknik lainnya yang bisa kamu terapkan. Mulai dari riset keyword, link building, membuat konten yang menarik, dan lain sebagainya.

……….

5. Email Marketing

Membuat email bisnis sendiri bisa menjadikan bisnis kamu tampak lebih profesional dan mantap. Bisnis akan terlihat profesional dengan email seperti contactcenter@namabisnis.com ketimbang menggunakan email biasa seperti namabisnis@gmail.com

Melalui email marketing, kamu dapat mengintegrasikan database email calon pembeli ataupun pelanggan yang sudah ada di dalam website yang dimiliki. Kamu juga dapat memberikan pesan promosi melalui email kepada target konsumen setelah mereka berlangganan konten / subscription melalui website bisnis.

6. Copywriting

Jangan lupa menerapkan copywriting untuk mendongkrak digital marketing bisnis yang dimiliki. Copywriting merupakan teknik pembuatan tulisan yang persuasif dan menarik supaya orang membeli produk yang ditawarkan. Contoh dalam penerapan copywriting terdapat dalam caption singkat yang terdapat di media sosial seperti Instagram.

7. Social Media Marketing

Strategi terakhir yang paling banyak diterapkan para pebisnis adalah social media marketing. Alasannya cukup masuk akal, dari data yang dilansir pengguna aktif media sosial di Indonesia telah mencapai angka 160 juta jiwa dari total populasi lebih dari 270 juta jiwa. Dari data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwasannya menarik perhatian calon konsumen melalui media sosial adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan dalam strategi pemasaran bisnis.

Namun, perlu diingat bahwa social media marketing tidak bisa dilakukan sembarangan. Kamu perlu melakukan riset audiens, membuat konten yang menarik, dan melakukan evaluasi melalui monitoring insight dari data pemasaran melalui media sosial yang digunakan.

Itulah beberapa strategi yang bisa kamu coba untuk bisnismu. Jika kamu ingin mempelajari tentang konsep digital marketing dan komunikasi online, bagaimana perencanaan komunikasi pemasaran digital yang efektif, kamu bisa mengikuti digital marketing course.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top
Halo, ada yang bisa dibantu?