DIGITAL MAREKETING STRATEGY

Apa itu Strategi Digital Marketing? Strategi digital marketing merupakan serangkaian rencana untuk membangun kehadiran bisnis Anda di dunia digital atau internet melalui berbagai channel digital seperti media sosial, PPC, SEO, dan lain sebagainya.

Apa itu Strategi Pemasaran Digital?

jasa digital marketing agency

Strategi pemasaran digital melibatkan penilaian tujuan spesifik apa yang dapat dicapai melalui penggunaan saluran online. Keberhasilan penerapan strategi pemasaran digital dapat menjadi sangat penting bagi keberhasilan organisasi, terutama di era ketika semakin banyak konsumen yang bertransaksi bisnis di perangkat seluler.

Membedakan pemasaran digital dan strategi digital sangat penting. Pemasaran digital adalah aset penting dalam mencapai tujuan Anda melalui kehadiran online Anda. Perangkat elektronik seperti ponsel atau tablet membuat kita tetap terhubung 24/7, dan paparan semacam ini membuat jaringan terbuka lebar untuk menemukan

Apa itu Taktik Pemasaran Digital?

Komponen Kunci dari Strategi Pemasaran Digital

Bagaimana Cara Melacak Kemajuan?

Lihat Lebih Banyak

Apa strategi pemasaran digital terbaik untuk tahun 2023, dan bagaimana Anda dapat menerapkannya pada bisnis Anda hari ini? Apakah iklan radio dan iklan televisi merupakan strategi masa lalu? Pengoptimalan seperti apa yang menarik perhatian konsumen pada merek Anda? 

Strategi pemasaran digital melibatkan penilaian tujuan spesifik apa yang dapat dicapai melalui penggunaan saluran online. Keberhasilan penerapan strategi pemasaran digital dapat menjadi sangat penting bagi keberhasilan organisasi, terutama di era ketika semakin banyak konsumen yang bertransaksi bisnis di perangkat seluler.

tahapan perencanaan strategi digital marketing

1. Rencana

Setiap strategi pemasaran digital yang sukses dimulai dengan sebuah rencana! Kami menyarankan Anda menggunakan pendekatan berbasis data, meninjau keefektifan pemasaran digital Anda saat ini, dan merencanakan peningkatan dari sana.

Peluang perencanaan Multisaluran mencakup menyesuaikan analitik, menyiapkan dasbor KPI, dan menetapkan tujuan SMART untuk membuat strategi perbaikan yang diprioritaskan pada cara Anda menerapkan media, teknologi, dan data pemasaran digital untuk meningkatkan prospek dan penjualan.

Untuk memastikan strategi pemasaran digital Anda bekerja secara efisien dan efektif, kami menyarankan untuk mengambil pendekatan strategi dan perencanaan yang berfokus secara digital. Kerangka Kerja RACE kami dirancang untuk pemasar dan manajer untuk membuat corong pemasaran digital praktis yang terintegrasi penuh, digerakkan oleh data, untuk mendukung keseluruhan visi bisnis mereka.

Rencana pemasaran digital 5 langkah kami memandu Anda menjangkau pemirsa baru, membina interaksi, mengubah pelanggan, dan mendorong keterlibatan dan advokasi. Itu sebabnya kami menyebutnya RACE Framework.

2. Jangkauan

Perkuat saluran pemasaran Anda dengan menjangkau lebih banyak pelanggan dan membangun kesadaran. Informasikan strategi pemasaran digital Anda dengan teknik pemasaran online utama terbaru untuk mendorong kunjungan ke situs Anda.

Anggota Smart Insights dapat terus mengikuti perkembangan teknik pemasaran terbaru di setiap tahap RACE Framework. Misalnya, temukan tiga langkah di bawah ini untuk meningkatkan penelusuran organik Anda di tahun 2022, yang diambil dari tren pemasaran digital kami .

3. UU

Dorong interaksi di situs web atau media sosial Anda untuk membantu Anda menghasilkan prospek di masa mendatang. Setelah menjangkau audiens Anda, penting bagi Anda untuk memengaruhi langkah mereka selanjutnya untuk bergerak ke bawah corong menuju keputusan pembelian.

4. Konversi

Puncak dari strategi pemasaran digital terstruktur Anda, tentu saja, adalah mengonversi lebih banyak pelanggan. Gunakan penargetan ulang, pemeliharaan, dan pengoptimalan tingkat konversi untuk mengingatkan dan membujuk audiens Anda untuk membeli secara online atau offline jika saluran telepon dan tatap muka jika ini penting bagi Anda.

Tren pemasaran digital kami menyoroti tiga kiat untuk meningkatkan konversi Anda

  • Pertimbangkan penggunaan pengoptimalan selalu aktif terstruktur. Pilihan untuk pengujian adalah salah satu kekuatan terbesar pemasaran digital, namun masih banyak bisnis yang tidak memanfaatkan peluang tersebut.
  • Tinjau kecanggihan personalisasi situs web Anda. Menurut laporan SmarterHQ, 91% konsumen mengatakan bahwa mereka cenderung berbelanja dengan merek yang menyediakan konten yang dipersonalisasi.
  • Jangan meremehkan perdagangan sosial. Agen e-commerce Amerika Utara, Absolunet, telah mengidentifikasi tanda-tanda utama popularitas social commerce berikut ini:
    • 87%  pembeli e-niaga percaya bahwa media sosial membantu mereka membuat keputusan berbelanja.
    • 1 dari 4  pemilik bisnis menjual melalui Facebook.
    • 40%  pedagang menggunakan media sosial untuk menghasilkan penjualan.
    • 30%  konsumen mengatakan mereka akan melakukan pembelian langsung melalui platform media sosial.
  • Apa saja 7 strategi pemasaran digital?
  • SEO.
  • PPC.
  • Content marketing.
  • Email marketing.
  • Social media marketing.
  • Voice SEO.
  • Video marketing.

Seperti Apa Strategi Pemasaran Digital Itu?

 

Strategi pemasaran digital melibatkan penilaian tujuan spesifik yang dapat dicapai melalui saluran online. Di era ketika banyak konsumen bertransaksi bisnis di perangkat seluler mereka, strategi pemasaran digital yang dijalankan dengan baik dapat menjadi sangat penting untuk kesuksesan organisasi.

Dalam konteks ini, penting untuk mengaudit status aset media organisasi saat ini. Dilihat melalui lensa makro, ini berarti pemasar perlu mengevaluasi media yang dimiliki, dibayar, dan diperoleh organisasi mereka:

Bagaimana Saya Dapat Merancang Strategi Pemasaran Digital yang Efektif?  

1. Melakukan Analisis SWOT

Kekuatan — Kekuatan adalah faktor internal yang membantu organisasi mencapai dan, secara potensial, melampaui tujuan mereka. 

Kelemahan — Kelemahan adalah faktor internal yang mencegah bisnis mencapai tujuannya.

Peluang – Peluang mewakili situasi eksternal yang berpotensi positif yang dapat membantu organisasi berhasil di masa depan

Ancaman – Ancaman mewakili situasi eksternal yang berpotensi negatif yang mungkin merugikan organisasi di masa depan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top
Halo, ada yang bisa dibantu?