apakah kursus digital marketing perlu?
Kursus digital marketing juga diperlukan dalam mengembangkan karier anda untuk berbisnis. Dengan menjalani kursus anda bisa menguasai hal mengenai digital marketing dengan tepat. Saat melakukan kursus anda akan diajarkan dengan seseorang yang sudah berpengalaman dan memiliki ilmu. Oleh karena itu, belajar melalui kursus berbeda dengan hanya belajar melalui informasi online saja.
Simak lebih lanjut mengapa kamu perlu mengikuti kursus!
Sebelum melakukan kursus anda harus bisa membiasakan mengatur pola hidup anda. karena, jika kamu mengikuti kursus berarti kamu harus meluangkan waktu, menyisihkan dana, dan transportasi.
yang dipelajari dalam kursus
Apa saja yang dipelajari dalam kursus digital marketing?
- Digital Marketing 101, yaitu belajar mengenai pengetahua dasar menjadi seorang digital marketer
- Traffic & Funneling, yaitu belajar bagaimana cara menarik konsumen menuju bisnis anda dan menggolongkan mereka sesuai kebutuhan mereka
- Copywriting, yaitu belajar mengenai dasar penulisan kalimat yang menarik untuk iklan
- Campaign Planning & Budgeting, yaitu belajar mengenai cara membuat perencanaan iklan, perencanaan keuangan iklan, & parameter-parameter penting untuk membuat iklan yang efisien
- Landing Page Building, yaitu belajar membuat website sederhana yang menarik sebagai landing page yang siap mendatangkan keuntungan
- Search Engine Optimization (SEO), yaitu Mempelajari bagaimana cara membuat website yang SEO friendly & faktor-faktor pendukung pendukungnya adalah bagaimana cara agar website anda bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian.
- Search Engine Marketing menggunakan Google Ads, yaitu belajar untuk membuat iklan menggunakan Google Ads yang relevan dengan pasaran
- Facebook Ads & Social Media Marketing, yaitu Belajar membuat iklan di Facebook dan Instagram yang relevan dengan pasaran
- Ads Optimization, yaitu Belajar untuk optimalisasi iklan agar lebih tepat guna dan relevan dengan pasaran yang dituju secara hemat
Penyebab kegalalan dalam digital marketing:
Biasanya ada dua hal yang diharapkan oleh brand dalam melakukan digital marketing, yaitu memperkuat brand awareness dan meningkatkan nilai penjualan. Namun tidak sedikit perusahaan yang gagal mencapai kedua tujuan tersebut. Karena kadang anda akan melakukan kesalahan yang dilakukan dalam pemasaran digital. Oleh karena itu saya menyarankan anda untuk mengikuti kursus agar tehindar dari kesalahan yang dapat merugikan anda.
1. Mengabaikan data
Sebelum menjalankan strategi digital marketing sebaiknya anda membaca dan menganalisa data terlebih dulu. Data yang dimaksud adalah data mengenai target pasar yang detail.
Anda dapat mendapatkan data tersebut secara gratis atau berbayar mengumpulkan data yang diperlukan. Tentu saja jika itu gratis data yang didapat tidak akan seakurat yang berbayar.
Dengan membaca dan menganalisa data statistik tentang target pasar, anda dapat lebih mengenal target pasar secara akurat.
2. Menggunakan terlalu banyak platform digital
semakin banyak platform digital yang anda gunakan maka akan semakin besar anggaran yang dikeluarkan. Karyawan yang diperlukan pun akan meningkat jumlah. Karena itu, kita perlu mengetahui di platform mana saja biasanya para target audiens biasa menghabiskan waktu mereka, sehingga konten yang kita buat bisa lebih tepat sasaran dan dana yang dikeluarkan bisa lebih efektif.
3. Terlalu fokus pada memproduksi konten, kurang mempromosikan produk
Anggaran dalam membuat konten dan mempromosikannya harus seimbang. Akan sia sia jika konten dengan materi yang baik namun sedikit yang melihat.
Mempromosikanberfungsi untuk memperluas jangkauan dan menarik konsumen untuk mengenal brand anda.
4. Tidak memahami target audiens
Karena dengan ini brand akan menjangkau konsumen yang salah, atau menggunakan platform digital yang tidak tepat, konten yang dibuat juga tidak sesuai dengan target audiens dan akibatnya akan mengalami kegagalan.
Cara terbaik untuk memahami target audiens adalah membaca dan menganalisa data sebelum melakukan pemasaran.
Selain itu, anda perlu melakukan melakukan komunikasi dua arah dengan para konsumen.
Baca juga: digital course free
5. Tidak konsisten dalam melakukan pemasaran digital
Tidak sedikit perusahaan yang hanya melakukan pemasaran besar-besaran di awal peluncuran produk, lalu setelah itu berhenti dan tidak pernah melakukan pemasaran lain.
Pemasaran digital sebaiknya dilakukan secara konsisten dan beerjalan setiap bulannya selama perusahaan tersebut masih berdiri dan produk masih beredar dipasaran. Selain konsisten dalam menjalankan kampanye pemasaran, brand juga perlu menyampaikan pesan secara selaras. Pesan brand yang sering berganti akan menyebabkan mendapatkan mind share pada konsumen.
penutupan
Beberapa hal di atas merupakan hal yang harus diperhatikan dalam memasarkan produk. Agar anda dapat menghindari kesalahan tersebut anda harus memahami lebih mengenai digital marketing. Jika anda mengikuti kursus tentu itu semua akan di jelaskan. Untuk itu saya merekomendasikan https://sejahteraperkasa.id/, agensi ini menyediakan layanan kursus digital marketing yang berpengalaman. Dengan begitu anda tidak perlu takut gagal dalam menjalankan bisnis anda. Karena, dengan kursus anda tentu akan memahami hal tentang digital marketing, jadi kemungkinan anda gagal lebih sedikit.
Baca juga: digital marketing dan product marketing
sekian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai mengapa kamu perlu mengikuti kursus digital marketing, semoga info yang saya beri dapat membantu anda dalam bisnis anda.