digital marketing agency adalah agen baik perorangan atau perusahaan sebagai pihak ketiga yang membantu klien untuk membuat, merancang, dan mengelola kegiatan pemasaran digital. Pada umumnya meliputi Branding, SEO, Search Engine Marketing, Sosial media Marketing, Display Advertising, Content Marketing, dan Sosial Media Management.
Kegiatan pemasaran selalu akan dibutuhkan oleh bisnis dan perusahaan dari yang kecil hingga besar. Sejak dulu advertising agency sudah terkenal dan sekarang trendnya menjadi digital marketing agency
TUGAS DIGITAL MARKETING AGENCY
Digital marketer bertanggung jawab atas branding produk yang dihasilkan perusahaan. Dalam membangun brand awareness dan berkomunikasi dengan konsumen, seorang digital marketer menggunakan channel-channel digital seperti e-mail, website, juga media sosial.
MANFAAT DIGITAL MARKETING AGENCY
Digital agency bermanfaat untuk melakukan promosi terhubung bisnis ke seluruh lapisan masyarakat melalui media digital yang dapat dengan mudah melalui koneksi internet. Hal inilah yang membuat calon konsumen dapat lebih mudah menemukan dan mengenal produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Apa manfaat pemasaran marketing bagi perusahaan?
Manfaat Marketing dalam Dunia Pemasaran
Marketing dapat membantu perusahaan melihat bagaimana brand atau produk mereka diterima di pasaran serta memahami pelanggan dengan lebih baik.
Apa tugas marketing agency?
Agensi Pemasaran (Marketing Agency)
Agensi pemasaran, juga disebut sebagai firma pemasaran atau perusahaan pemasaran yang membantu klien menerapkan dan mengelola operasi dan strategi pemasaran untuk mencapai tujuan bisnis mereka.
Keuntungan Menambah Layanan dan Jasa Digital Marketing Agency
· Pengusaha memiliki waktu untuk mengerjakan hal lain.
· Minim stress karena sudah ditangani jasa profesional.
· Tidak perlu trial and error , digital marketing agency Indonesia telah memiliki banyak pengalaman tentang strategi yang berhasil dan gagal.
· Hemat budget karena tidak harus mencari karyawan baru dengan kualifikasi yang dibutuhkan.
Layanan dan Jasa yang Biasanya Tersedia di Digital Marketing Agency
1. Layanan Optimasi SEO
Optimasi SEO dilakukan agar mendapat peringkat bagus di halaman pencarian Google, sehingga akan berdampak baik bagi bisnis Anda.
2. Layanan Content Marketing
Layanan ini mengatur strategi optimalisasi konten, menciptakan konten yang relevan dengan pasar sasaran, hingga membuat konten yang sesuai dengan demografi bisnis Anda.
Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam pembuatan content marketing adalah menentukan tujuan. Dengan agen, Anda akan dituntun untuk menemukan tujuan optimalisasi yang diinginkan.
3. Optimalisasi Media Sosial
Seiring naiknya tren pengguna media sosial, semakin banyak pula brand yang membuat akun bisnis di media sosial. Dengan memiliki akun, brand bisa menjalin kedekatan dengan konsumen, mengetahui kebutuhan konsumen, pain point yang dirasakan, hingga mendongkrak penjualan.
4. Layanan Email Marketing
Meskipun cara beriklan secara digital semakin variatif, namun email marketing masih banyak digunakan oleh para pelaku bisnis online . Alasannya, cara berpromosi menggunakan email marketing tidak terpengaruh oleh algoritma, seperti yang terjadi pada media sosial dan Google.
Selain itu, modal yang dikeluarkan sedikit dengan hasil banyak. Hal ini karena, penawaran melalui email bisa dibuat lebih personal sehingga transaksi yang dihasilkan cenderung lebih besar.
Apa saja kelebihan dan kekurangan dari digital marketing?
Berikut Adalah Kelebihan dan kekurangan dari Digital Marketing.
- KELEBIHAN DIGITAL MARKETING.
- Memudahkan Kegiatan Pemasaran. …
- Target Yang Bisa Di Atur Sesuai Kehendak Anda. …
- Biaya Promosi Yang Lebih Terjangkau. …
- Sebagai Tempat Untuk Komunikasi. …
- Tidak Ada Batas Waktu. …
- KEKURANGAN DIGITAL MARKETING.
- Mudah Ditiru
STARATEGI DIGITAL MARKETING AGENCY
Strategi digital marketing terus menjadi salah satu cara paling efektif untuk menjangkau pelanggan dan pengikut daring. Namun cara tersebut tidak dapat berfungsi secara otomatis.
1 .mengananlisis target pasar
Sebelum menjalankan optimasi , mengenal dengan baik siapa target pasar bisnis kita adalah hal wajib untuk dilakukan . tanpa mengetahui siapa dan bagaimana karekteristik target pasar yang akan kita tuju , sudah bisa dipastikan promosi yang kita lakukan akan jauh dari kata ‘’ tepat sasaran ‘’ . jadi target pasar slalu berbanding lurus dengan target marketing agency .
2 . RISET KATA KUNCI ( KEYWORD )
Melakukan riset kata kunci penting untuk dilakukan supaya bisnis kita mudah umtuk ditemukan oleh target pasar . anda harus mengetahui tentang kata kunci apa yang bisa audience gunakan saat sedang mencari bisnis serupa dengan yang anda tawarkan . jika tidak dilakukan riset seperti ini maka jangan berharap audience bisa menemukan bisnis anda saat mereka melakukan pencarian di social media
Dalam strategi digital marketing agency biasanya akan melakukan riset secara mendalam untuk menemukan keyword apa yang paling relevan dengan persaingan yang paling baik melalui beberapa tools seperti goole trends , goole keyword planner dan tools tools pencari keyword lainya
3 . OPTIMASI WEBSITE DAN MEDIA SOCIAL
Meskipun anda melakukan bisnis dengan digital markeketing yang efektif , namun jika anda tidak melakukan optimasi digital markering yang rutin pada website dan social media , maka akan sangat sulit untuk audience menjangkau atau bahkan hanya sekedar mengal bisnis yang anda tawarkan . untuk itu mengoptimasisasi website dan social media secar rutin dan menarik adalah hal tidak boleh ditawarkan dalam agenda starategi digital marketing agency .
Strategi digital marketing agency akan membantu anda mengoptimalkan konten anda secara efektif .
4 . MEMBUAT DAN MENGATUR BERGAGAI JENIS KONTEN
Untuk memberikan informasi terbaru kepada para potensial customer , tentunya tidak bisa dilakukan dengan cara menonton . perlu untuk memikirkan berbagai ide kreatif baik dari segi cerita , konsep , bahkan visual agar lebih mudah menarik perhatian para pontensial customer . digital marketing agency akan membantu dan mengatur berbagai jenis konten yang paling menjual untuk di tampilkan di media social bisnis anda . seperti melakukan promosi melalui konten video di chanel youtube atau tik tok atau dengan konten desain yang lucu dengan warna yang soft di instgram .semua akan di pertimbangkan dengan sesuai kebutahan pasar dan sesuai dengan kesukaan konsumen , di masing – masing platfrom akun bisnis anda .
Cara Kerja Digital Marketing Agency untuk Bisnis
Untuk meningkatkan penjualan bisnis, Anda bisa mencoba digital marketing. Dengan menerapkannya, Anda bisa mempromosikan barang lebih luas dari pada marketing konvensional. Ini cara kerja digital marketing untuk bisnis
1. Mengenali jenis bisnis Anda
Sebagai pemilik bisnis, Anda sudah harus mengetahui jenis bisnis apa yang Anda jalani. Apakah itu dalam bidang jasa, produk, ataupun kebutuhan sehari-hari.
2. Konsep marketing yang menarik
Setelah Anda mengetahui jenis bisnis apa yang Anda jalani. Buatlah konsep marketing yang menarik untuk membangun brand dan kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Riset menunjukan 6 dari 10 konsumen mengaku bahwa setelah membaca publikasi konsep, mereka lebih percaya terhadap suatu produk atau jasa.
3. Memahami segmen market
Tidak semua orang membutuhkan barang Anda. Atau bisa dikatakan siapa yang sekiranya nanti akan membeli barang Anda. Misalnya, Anda menjual sebuah kamera. Lalu siapa target Anda? Apakah seorang vlogger, fotografi, atau hanya sekedar untuk berselfie. Digital marketing agency akan mampu memahami segmen market Anda jauh lebih baik, karena mereka beracuan pada data.
4. Memilih media digital marketing
Anda bisa memilih menggunakan media massa seperti instagram, youtube, website, marketplace. Tergantung bagaimana Anda menilai setiap potensi dari media yang ada. Misal, Anda menjual kamera. Media yang paling cocok untuk mempromosikan produk Anda yaitu, bisa melalui instagram maupun youtube. Kemudian marketplace bisa memberikan kemudahan, dalam menjual produk Anda. Jasa digital marketing akan membantu Anda untuk memilih media yang tepat.
5. Membuat Funneling
Jadi Funneling adalah proses tahap demi tahap dari seseorang yang mulanya belum mengetahui produk atau jasa bisa menjadi seorang konsumen. Tahapan funneling untuk digital marketing agency yang pertama mengumpulkan visitor, meningkatkan dari visitor atau pengunjung menjadi interest, lakukan follow up dengan menawarkan diskon kemudian tahap yang terakhir jalin hubungan dengan pelanggan.
contoh digital marketing agency
digital marketing agency jakarta
cara kerja digital marketing agency