Apa itu digital marketing? Pengertian digital marketing adalah suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Simak penjelasan lengkapnya
Apa yang Dimaksud Mobile Marketing?
Mobile marketing adalah segala aktivitas periklanan yang mempromosikan produk dan layanan melalui perangkat seluler, seperti tablet dan smartphone. Pemasaran seluler memanfaatkan fitur teknologi seluler modern, termasuk layanan lokasi, untuk menyesuaikan kampanye pemasaran berdasarkan lokasi individu.
Tren mobile marketing turut berkembang seiring perhatian pelanggan teralihkan ke ponsel. Oleh karena itu, bisnis mengikuti tren ini menyesuaikan dengan keinginan pelanggan. Namun dengan teknologi, aktivitas pemasaran seluler lebih mudah menarik pelanggan.
Bagaimana Cara Kerja Mobile Marketing?
Mobile marketing dapat mencakup promosi yang dikirim melalui pesan teks SMS, pesan multimedia MMS, melalui aplikasi yang diunduh menggunakan push notification, melalui iklan dalam aplikasi atau dalam game, melalui situs web seluler, atau dengan menggunakan perangkat seluler untuk memindai kode QR.
Sistem kedekatan dan layanan berbasis lokasi (location-based services) dapat mengingatkan pengguna berdasarkan lokasi geografis atau kedekatan dengan penyedia layanan.
Peran mobile marketing sebagai tool sangat diperlukan bagi perusahaan besar dan kecil karena perangkat seluler sudah ada dimana-mana. Elemen penting dalam mobile marketing adalah brand (dan perusahaan yang mereka wakili melalui iklan), dan penyedia layanan yang mengaktifkan iklan seluler.
Jenis-Jenis mobile marketing
- Pemasaran berbasis Aplikasi (App-based Marketing) …
- Pemasaran di dalam Games (In-games Marketing) …
- Pemasaran dengan Kode QR (Quick Response (QR) Codes Marketing) …
- Pemasaran berdasarkan Lokasi (Location-based Marketing) …
- Pemasaran melalui penelusuran iklan (Search Ads) …
- 6. Pemasaran melalui SMS/MMS.
terdapat beberapa hal penting yang menjadi tujuan atau fungsi dari mobile marketing dibuat. Adapun tujuan mobile marketing sebagai berikut
1. Menjangkau konsumen lebih luas
Pertama, tujuan mobile marketing adalah menjangkau konsumen yang lebih luas, bahkan dalam lingkup global. Ketika orang-orang membuka perangkat seluler untuk berbelanja barang, iklan, atau promosi produk akan tampil, interaksi konsumen dengan produk akan terjadi.
2. Menentukan strategi pasar
Dari interaksi antara konsumen dengan produk, nantinya mobile marketing adalah salah satu metode analisis yang penting menentukan strategi pasar. Sebab, dari data analisis akan diketahui demografi konsumen. Dari strategi mobile marketing yang sukses dan tidak, perusahaan bisa memutuskan kampanye atau jenis iklan apa yang lebih efektif dijalankan pada periode kampanye mobile marketing berikutnya.
3. Memanfaatkan teknologi seluler
Strategi mobile marketing adalah memanfaatkan berbagai teknologi perangkat seluler yang berbeda. Misalnya, SMS, email, media sosial, chat, dan lain-lain. Dengan memakai setiap saluran berbeda secara bersamaan, harapannya dapat lebih luas menjangkau audiens dan mencapai tujuan pemasaran bisnis.
Apa saja Kelebihan Mobile Marketing?
- Akses Kampanye sangat Mudah.
- 2. Hemat Biaya. Mobile marketing juga sangat hemat biaya. …
- Menjangkau Pelanggan secara Real-Time. …
- 4. Dapat Merekam Perilaku Konsumen. …
- Lebih Mudah Menentukan Konten.
Apa saja kekurangan dari mobile aplikasi?
Berikut adalah kekurangan yang mungkin saja bisa anda temukan ketika menggunakan mobile app didalam berbisnis :
- Terbatas. Untuk mencapai sebuah aplikasi terbatas jangkauan sebagai aplikasi yang berbeda diperlukan untuk platform yang berbeda seperti iPhone atau Android.
- Biaya. …
- Pemasaran. …
- Proses persetujuan. …
- Upgrad
Mengapa mobile marketing Penting?
Menjangkau konsumen lebih luas
Pertama, tujuan mobile marketing adalah menjangkau konsumen yang lebih luas, bahkan dalam lingkup global. Ketika orang-orang membuka perangkat seluler untuk berbelanja barang, iklan, atau promosi produk akan tampil, interaksi konsumen dengan produk akan terjadi
4 Langkah Mencapai Kesuksesan Marketing Aplikasi Mobile
- Pelajari Pola Kebiasaan Konsumen. …
- Ingat Tujuan Utama. …
- Sempurnakan Strategi Marketing. …
- Pilih Teknologi Mobile Yang Tepat.
Apa saja manfaat marketing?
- Membantu target pasar memahami produk dan layanan yang Anda tawarkan;
- Memberikan nilai tambah terhadap produk dan layanan;
- Sarana melakukan branding;
- Membangun hubungan baik dengan target pasar;
- Meningkatkan kepercayaan target pasar terhadap produk/layanan Anda;