Hai! disini saya akan membagikan informasi mengenai strategi dan apa saja kesalahan kesalahan yang ada dalam digital marketing yang perlu kalian ketahui, oleh karena itu simak beberapa informasi dibawah ini.
Apa saja strategi yang terdapat dalam digital marketing?
Pertama sebelum melakukan pemasaran, anda perlu menguasai beberapa strategi marketing!
Digital marketing memiliki beberapa strategi yang perlu diketahui misalnya :
- Search engine optimization (SEO): pertama mengoptimasi sebuah situs untuk mendapatkan tingkat teratas dari hasil pencarian. Untuk menjadi peringkat teratas, anda harus memahami bagaimana system mesin pencari bekerja. Media yang dapat digunakan misalnya website, blogs, dan indografis.
- Content marketing: kedua merencanakan, membuat dan membagikan konten tentang perusahaan anda. Ini dilakukan untuk menarik para pembaca, dengan kata lain akan banyak yang mengetahui bisnis tentang kita sehingga konsumen akan tertarik. Akibatnya dapat menjadi pembeli dan bisnis anda jadi banyak peminat.
- Otomatosasi pemasaran: ketiga teknik tugas tugas secara berulang. Tugas tugas nya dapat berupa susunan unggahan konten serta laporan kampanye.
- Pay-per-klik (PPC): selanjutnya cara untuk mengarahkan traffic ke situs anda.
- Social media marketing: dan mempromosikan konten dimedia social. Yang terpenting tentukan kepribadian dan bahasa yang kalian gunakan dimedia social apakah formal atau tidak formal.
Berapa anggaran yang digunakan dalam digital marketing?
kedua, anda juga perlu mengetahui berapa besar anggaran yang akan anda gunakan!
Mahal/murah nya digital marketing itu bergantung dengan jenis yang perusahaan anda gunakan. Jika SEO serta konten tidak memakan banyak biaya. Namun jika seperti brosur online dan email tentu memerlukan biaya biaya tertentu.
oleh karena itu, untuk kesuksesan dan kelancaran bisnis anda juga harus didukung dengan rencana keuangan yang baik. Misalnya dengan cara melakukan perhitungan, pelaporan, dan analisa keuangan.
Kesalahan umum digital marketing
ketiga, tentu saja anda perlu menghindari kesalahan umum yang ada dalam digital marketing. Jika anda melakukan kesalahan akibatnya, tentu saja anda akan mengalami kerugian!
Ada beberapa kesalahan yang harus dihindari jika melakukan digital marketing misalnya:
- Strategi tidak tepat sasaran: ini merupakan langkah pertama dalam menentukan langkah awal arah sebuah bisnis. Sebelum mengenalkan suatu produk ataupun jasa kepada masyarakat anda perlu menentukan tujuan dan rencana pemasaran produk yang matang. Juga pastikan strategi yang anda jalani sudah spesifik, tepat sasaran, dan dapat didapatkan dengan mudah oleh target pasar.
- Memahami calon kunsumen: bisnis yang anda jalani harus menjadi solusi kebutuhan paran konsumen. Produk yang dijual tentu saja harus memperhatikan kebutuhan, apa yang disukai para konsumen dan yang sedang tren. Untuk memahami calon konsumen anda tidak perlu mengubah produk yang anda jual. Artinya anda hanya perlu menyesuaikan mulai dari kemasan, konten promosi, dan pemilihan key opinion leader. Yang terpenting anda dapat mencari tren yang sedang populer menggunakan google trends.
- Mengabaikan pengukuran kinerja digital marketing: tujuan utama digital marketing adalah untuk melihat kinerja pemasaran melalui analisa angka. Melihat berapa banyak pembaca sadar dengan brand kita, berapa banyak yang mengunjungi website kita, berapa banyak yang meng klik iklan kita di pencarian.
- Mengabaikan story-telling dan copywriting: hal paling penting dalam digital marketing pembuatan konten adalah tulisan. Tulisan yang dibuat harus memberi kesan pada pembaca sehingga para calon konsumen tertarik dengan apa yang kita pasarkan.
- Halaman website tidak rapih dan tidak lengkap: website adalah halaman pertama yang paling awal dikunjungi oleh para calon konsumen ketika mencari informasi. Maka dari itu mengapa anda perlu memastikan tampilan website anda agar terlihat rapih dan lengkap. Akibatnya, para calon konsumen dapat dengan mudah memahami informasi yang didapat dari website anda.
- Iklan dan landing page yang tidak sesuai: untuk menghindarinya anda dapat memeriksa dan menganalisa kembali iklan yang anda tampilkan dalam lending page anda agara tidak terjadi kesalahan.
- Proses chek-out yang rumit: ketike konsumen sudah sampai pada tahapan chek-out seharusnya langkah yang dugunakan menuju proses pembayaran tidaklah rumit, tahap yang digunakan harus singkat dan sederhana agar para konsumen yang memesan tidak kesal dan akan memesan kembali produk anda.
Dan masih banyak lagi kesalahan kesalahan yang harus dihindari.
Sekian beberapa informasi yang bisa saya sampaikan, semoga info yang saya berikan memiliki manfaat bagi anda semua!