Halo semua kali ini saya akan membahas tentang Konsep Digital Marketing dan Jenis-jenis dari Digital Marketing, mari simak artikelnya sebagai berikut.
Apa itu Konsep Digital Marketing ?
Konsep Digital Marketing merupakan suatu cara untuk bisnis melalui media digital. Pada dasarnya, banyak orang memanfaatkan segala media yang ada di internet untuk melakukan pemasaran secara online.
Untuk lebih lengkapnya, berikut ini ada 5 konsep Digital Marketing yang wajib anda ketahui dan pelajari untuk membantu mengembangkan bisnis yang sedang di jalankan.
- Menjangkau Pelanggan Secara Online
- Menjual Produk atau Jasa Secara Online
- Memahami Audiens
- Pemasaran Melalui Iklan
- Analisa Pemasaran mengembangkan
Digital Marketing sudah pasti mewakili semua aktifitas marketing secara online. Namun, mengandung beberapa aktifitas yang bersifat offline juga. Selain itu, Digital Marketing juga memiliki beberapa jenis. Berikut ini merupakan jenis-jenis Digital Marketing dan juga penjelasannya.
Ada beberapa jenis Digital Marketing yang bisa anda terapkan, di antaranya :
1. Search Engine Marketing (SEM)
Jenis pertama yaitu Search Engine Marketing atau SEM adalah suatu jenis Digital Marketing yang berfokus pada promosi produk melalui mesin pencarian seperti Google, Bing, Yahoo, dan lain sebagainya. Strategi Digital Marketing yang satu ini dapat dilakukan melalui pembuatan website, landing page (website khusus promosi), pemasangan ADS, dan sebagainya.
2. Social Media Marketing
Jenis kedua dari Digital Marketing adalah pemasaran media sosial. Anda bisa menerapkan jenis Digital Marketing yang satu ini dengan memanfaatkan berbagai media sosial, contonya seperti Youtube, Tiktok, Instagram, Twitter, Facebook, dan media sosial yang lainnya sesuai dengan target konsumen anda.
3. Email Marketing
Jenis Digital Marketing yang ketiga adalah Email Marketing, yaitu pemasaran melalui surat elektronik (surel). Strategi Digital Marketing yang satu ini paling cocok digunakan untuk usaha dengan model business-to-business (B2B).
4. Digital Advertising
Seperti namanya, digital advertising atau digital ads adalah jenis Digital Marketing berupa pemasangan iklan di berbagai channel ataupun platform digital, mulai dari website sampai media sosial. Beberapa channel digital ads yang populer yaitu Google Ads, FB/IG Ads, Youtube Ads, dan Tiktok Ads.
5. Content Marketing
Content marketing adalah jenis Digital Marketing dengan sarana berupa konten, baik yang bentuknya tulisan,gambar, video, ataupun audio. Selain itu, proses content marketing biasanya dilakukan beriringan dengan social media marketing, email marketing, atau digital ads.
6. Customers Service Automation
Jenis keenam dari Digital Marketing ini merupakan otomasi sistem pelayanan konsumen. Adanya otomasi Ini bisa membuat perusahaan mendapatkan informasi tentang calon konsumen sejak mereka berinteraksi dengan produk/perusahaan pertamakali. Setelah itu, informasi tersebut bisa langsung diteruskan ke CS ataupun tenaga penjualan untuk proses closing (terjadinya penjualan).
7. Affiliate/Dropshipping
Jenis Digital Marketing yang ketujuh ini adalah program affiliate ataupun dropshipping. Saat menerapkan strategi Digital Marketing yang satu ini, anda bisa mendapatkan profit dari tengkulak online (dropshipper) seraya membantu mereka dalam mencari keuntungan untuk diri mereka sendiri.
8. Search Engine Optimization (SEO)
SEO atau Search Engine Optimization merupakan suatu proses dalam mendapatkan traffic berkualitas baik yang secara gratis, maupun berbayar. Jika tujuan anda adalah menarik banyak pengunjung, anda diharuskan mengoptimalisasi konten seperti menentukan kata kunci yang relavan untuk judul, deskripsi, isi dari website, serta membangun backlink yang relavan. Tanpa hal ini, website anda akan sulit di temukan oleh pengunjung.
9. Pay-Per-Click Advertising (PPC)
Pay per click adalah sejenis model pemasaran seperti Google Adwords dimana anda sebagai seorang pengiklan membayar untuk setiap orang-orang yang berkunjung ke website anda. Besaran tarif per klik biasanya bisa anda tentukan sendiri ataupun dengan cara mengikuti rekomendasi yang diberikan. Semakin tinggi biaya per klik nya, semakin besar juga iklan website anda yang akan tampil di halaman teratas.
10. Instant Messaging Marketing
Instan messaging marketing atau lebih dikenal dengan marketing via pesan singkat merupakan tren komunikasi terkini. Lebih dari 1,5 miliar orang secara global atau menyeluruh menggunakan Whatsapp, Facebook Mesengger, dan WeChat. Metode pemasaran seperti ini terbilang cukup laris mulai dari beberapa tahun yang lalu.
Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat. Sekian dan terima kasih