apa itu content digital marketing? contoh dan manfaat

Hai semuanya kali ini saya akan menjelaskan beberapa informasi mengenai definisi content digital, beberapa contoh dan manfaat dari digital marketing. pertama tama mari simak dan baca sampai akhir jika anda semua ingin mengetahui lebih dalam tentang ini!

definisi content marketing

Content marketing adalah sebuah pemasaran untuk membuat dan menyebar luaskan konten yang relevan dan konsisten agar menarik perhatian para calon konsumen yang dituju.

tujuan dari content marketing adalah untuk membangun relasi kuat kepada para calon konsumen dalam jangka waktu yang relatif lama.

selanjutnya, ada beberapa jenis konten yang bisa anda gunakan atau bisa menjadi referensi anda dalam membuat suatu konten digital marketing misalnya:

  1. Hiburan
  2. Informasi (yang mengandung informasi)
  3. Edukasi (mengandung pesan moral/mendidik)
  4. Inspirasi
  5. Tips, tricks, dan tutorial

Karena konten konten yang anda buat harus berdasarkan fakta agar menciptakan kemistri dengan para calon konsumen.

Contoh content marketing

 Ada beberapa contoh yang bisa dicoba untuk membuat content marketing:

  1. Content marketing di website: ini umum nya menggunakan teknik pemasaran. Website adalah halaman utama antara bisnis yang anda buat dengan para calon konsumen. Para pembisnis harus memiliki website tentunya agar para calon konsumen dapat dengan mudah melihat bisnis anda dari mana saja.
  2. Membuat tulisan content marketing di blog: biasa nya jika membuat tulisan diblog anda bisa lebih bebas dalam membuat tulisan diforum ini. Anda bisa memperbarui tulisan anda setiap saat atau anda juga bisa memposting artikel pemasaran anda setiap hari. Dengan anda membuat ini juga tentu anda bisa menulis lebih banyak mengenai content yang anda buat, anda bisa menambahkan pesan ajakan dikonten anda kepada para pembaca agar membeli produk yang anda jual atau anda pasarkan.
  3. Merekam video dan meng upload vidio anda: anda bisa mengupload konten video mengenai bisnis yang anda dalami di berbagai platform yang memiliki banyak peminat atau platform yang sedang populer. agar peminat yang anda dapatkan juga banyak karena platform yang anda gunakan merupakan platform yang memiliki banyak peminat dam populer.
  4. Menyusun e-book: untuk mengunduh e-book yang sudah anda buat, para calon konsumen cukup memasukan email. kemudian para pembisnis bisa memasukan konsumen ke dalam mailing list bisnis agar anda bisa mengirimkan promosi yang selanjutnya dihari yang akan datang.
  5. Medesain infografik yang menarik: grafik yang dibuat harus menarik, singkat, jelas, dan mudah dipahami sehingga konsumen yang melihat tidak kesulitan untuk memahami nya. dan jika itu menarik maka akan banyak peminat yang menyukai grafik yang anda buat. Untuk membuat konten infografik anda bisa mengupload nya di contoh platform seperti instagram atau twitter.
  6. Membuat podcast di platform streaming: banyak masyarakat yang berlangganan di platform streaming jadi tentunya akan banyak peminat yang melihat konten yang anda buat. Di platform streaming biasanya para calon konsumen melihat konten yang berbentuk film atau lagu lagu.
  7. Partnership dengan para influencer: strategi ini bisa disebut sebagai strategi gabungan. karena dengan strategi ini anda bisa menggunakan video atau artikel yang terdapat di blog. Meskipun bekerja sama dengan para influenser berpengaruh, jika kualitas konten yang anda buat tidak kuat akibatnya tidak terlalu berpengaruh keuntunganya.

Manfaat content marketing untuk bisnis

  1. Menciptakan bisnis yang professional: jika anda memiliki konten yang menarik tentu akan mengundang para peminat dan bisnis yang anda jalani tentu saja akan memiliki banyak penggemar.
  2. Brand semakin dikenal: jika ada para konsumen yang benar benar menyukai produk anda tentu saja mereka akan menaruh kepercayaan kepada produk anda. tentu saja mereka bisa memberikan promosi dengan sukarela tanpa meminta bayaran apapun.
  3. Menghasilkan traffic yang lebih tinggi: apabila bisnis anda memiliki peminat yang banyak tentu nama brand kalian akan semakin terkenal. jadi, traffic yang masuk ke website anda akan makin tinggi dan akan menjadi keuntungan bagi bisnis yang anda jalani.
  4. Meningkatkan angka penjualan: selanjutnya jika anda ingin meningkatkan angka penjualan yang terpenting kalian harus membuat konten yang berkualitas agar kalian memiliki peminat tetap. Tentu saja angka penjualan juga akan meningkat.
  5. Mempertahankan tingkat retensi: para konsumen yang menyukai konten anda tentu saja mereka akan kembali lagi untuk mengunjungi website anda dan tetap mengikuti konten yang anda upload.
  6. Memperluas jaringan partnership: anda bisa melakukan kerja sama dengan perusahaan lain, dengan bekerja sama akibatnya anda akan dapat melakukan ekspansi bisnis.

sekian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga beberapa dari informasi yang saya berikan bisa bermanfaat bagi anda semua! terimakasih sudah membaca..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top
Halo, ada yang bisa dibantu?