Digital Marketing adalah salah satu teknik pemasaran sebuah produk atau jasa dengan memanfaatkan media digital dan jaringan internet, seperti Google Bisnisku, WhatsApp Bisnis, Media Sosial, Webiste hingga platform lainnya yang dapat digunakan sebagai media pemasaran online. Digital Marketing hadir untuk memudahkan para pemilik usaha untuk bisa memasarkan produk atau jasa secara praktis dan bisa dilihat tingkat keefektifannya.
7 Manfaat Digital Marketing
- Menjangkau Target Market Lebih Luas
Kehadiran teknologi dibuat untuk mempermudah aktivitas seseorang, hampir semua lapisan masyarakat menggunakan media sosial oleh karena itu Sigital Marketing hadir dengan tujuan untuk mempermudah dan menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat. Dengan memanfaatkan media digital yang ada saat ini, dapat mencakup target konsumen yang lebih banyak dan lebih luas lagi, mulai dari kota yang sama ataupun antarkota.
Selain itu, Anda bisa membidik pengguna media sosial dengan spesifik. Mulai dari wilayah, gender, usia, dan lainnya.
- Menghemat Biaya Pemasaran
Iklan pada umumnya yang cenderung harus untuk membuat brosur, banner, hingga memasang baliho cukup mengeluarkan budget yang lumayan besar bagi beberapa pemilik usaha. Namun tidak pada layanan digital marketing yang biayanya cenderung menghemat budget dan iklan pun berjalan.
- Memperkuat Brand Awareness
Mengapa digital marketing bagus untuk brand awareness? Alasannya, digital marketing mampu menjangkau paparan brand ke target audiens-nya lebih luas. Dengan media marketing yang beragam, promosi Anda bisa sampai ke target audiens lebih dari satu kali.
Kebanyakan individu membutuhkan 5 hingga 7 kali impresi (Pam Moore). Yang berarti, mereka harus melihat suatu brand berkali-kali hingga brand tersebut familiar untuk individu itu sendiri.
Salah satu strategi yang cocok untuk brand awareness yaitu SEO untuk website. SEO memungkinkan situs website Anda dapat menduduki halaman teratas Google untuk kata kunci yang sering dicari orang. Jadi konten-konten media sosial dari bisnis Anda bisa tampil berkali-kali di halaman pertama Google, disaat orang lain mencari dan membutuhkannya.
- Mampu Menjalin Komunikasi secara Personal dengan Calon Pelanggan
Dengan digital marketing, Anda dapat menjalin komunikasi secara personal dengan calon pelanggan.
Mengingat pelanggan memiliki kecenderungan untuk membeli suatu produk atau layanan dari brand yang memberikan pengalaman yang dipersonalisasikan atau yang saat ini sedang menjadi trend bisnis online yang disebut personalized marketing.
Dengan personalize marketing dilakukan dengan menggunakan beragam tools yang berbeda dan digital marketing mampu merekam data yang akurat dari hasil tanggapan iklan. Seperti siapa saja yang memberi tanggapan, jangkauan usia, demografi, dan lainnya.
- Meningkatkan ROI Perusahaan
Kesuksesan strategi digital marketing dapat dilihat dari return on investment (ROI). ROI adalah persen profit yang diterima perusahaan setelah menginvestasikan uang dalam besaran tertentu.
Digital marketing memudahkan Anda mengukur ROI perusahaan. Sebab, Anda bisa melakukan performance tracking dari setiap melakukan kampanye pemasaran.
Dengan cara seperti itu, mudah untuk melihat berapa besar pengeluaran dan pemasukan yang perusahaan terima.
- Tingkat Keefektivitasannya Mudah Diukur
Manfaat selanjutnya yaitu, mengukur tingkat keefektivitasnnya dengan mudah.
Setiap channel marketing biasanya sudah tersedia alat pengukuran data. Website dengan Google Analytics, Facebook Ads dengan menu Tracking, Instagram dengan Insights, dan masih banyak lagi.
Dengan begitu, memudahkan bagi Anda untuk menilai efektvitas kampanye. Berikut penilaian kampanye yang dapat anda pertimbangkan
- Apakah iklan menjangkau target audiens yang tepat?
- Seberapa besar konversi yang dihasilkan lewat channel marketing?
- Konten bagian mana yang populer dan bisa dimanfaatkan lebih lanjut?
- dll.
Dengan mengevaluasi strategi digital marketing, Anda mengetahui mana yang baik dan tidak untuk bisnis Anda. Sehingga, rencana perusahaan ke depannya bisa lebih efektif dan jelas.
- Pelaksanaan Pemasaran Sesuai dengan Keinginan dan Tidak Memakan Waktu yang Lama
Manfaat berikutnya dari digital marketing adalah pelaksanaannya yang cenderung lebih cepat dibanding praktik pemasaran konvensional atau tradisional. Pemasaran bisnis Anda bisa dijalankan dalam waktu harian saja.
Kurang dari seminggu saja, Anda sudah bisa meluncurkan kampanye pemasaran digital Anda. Tidak hanya di satu channel, melainkan berbagai saluran marketing. Baik Facebook, Instagram, Google, dsb.
Sedangkan kalau menggunakan iklan tradisional seperti brosur atau koran, tentu memerlukan usaha yang lebih banyak lagi. Mengurus perizinan serta administrasi, hingga menunggu iklan tampil alias sudah terpasang.
10 Jenis Digital Marketing yang Perlu diketahui:
Sudah mengetahui tentang manfaat digital marketing kan? Setelah itu Anda juga perlu mengetahui jenis digital marketing dan cara penerapannya.
- Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization (SEO) adalah suatu strategi supaya website dan konten pemasaran dapat menduduki halaman pertama dalam pencarian di Google. Sehingga, potensi mudah ditemukan dan menjaring banyak pengunjung dalam website dan konten dari bisnis Anda.
Adapun SEO memiliki strategi yang dibedakan menjadi tiga:
- On page SEO : fokus terhadap konten yang ada di Webiste. Misalnya memposting artikel SEO-Friendly;
- Off page SEO : sebuah cara untuk mengoptimasi website dari luar. Tujuannya untuk meningkatkan kredibilitas dan relevansi situs webisite.
- Technical SEO : sebuah cara mengoptimasi website sehingga penampilannya oke. Baik dari struktur website, kecepatan kunjungan website, dan lain sebagainya.
Jenis dari digital marketing ini cocok bagi semua bidang bisnis. Bagi perusahaan yang baru merintis ataupun perusahaan yang sudah lama berjalan. Sebab, SEO adalah investasi jangka panjang yang selalu berkembang seiring berjalannya zaman.
- Search Engine Marketing (SEM)
SEM sekilas mirip dengan jenis yang sebelumnya yaitu SEO, tapi pada kenyataannya SEM jauh berbeda. Singkatnya, SEM suatu upaya mengiklankan website di halaman pencarian.
Namun, SEM ini sistemnya berbayar tetapi hasilnya lebih instan daripada jenis sebelumnya yaitu SEO. Halaman website Anda akan menduduki halaman pertama dengan lebih cepat, serta memiliki tanda tulisan ‘iklan’ pada bagian atas samping kiri laman website.
Karena jenis SEM ini berbayar, tentu ada manfaat yang istimewa yang dapat Anda peroleh, diantaranya:
- Bisa menentukan target audiens;
- Biaya terbilang lebih minim daripada iklan konvensional;
- Hasil relatif lebih cepat daripada SEO;
- Meningkatkan nilai presentase keberhasilan suatu website atau Conversion Rate.
Pentingnya untuk diingat, walau instan SEM ini harus dipantau juga efektivitas dan efisiensinya untuk bisnis Anda.
- Content Marketing
Jenis berikunya itu content marketing yang cukup ampuh. Content Marketing adalah upaya meghasilkan dan mengirimkan konten yang mampu dalam memikat target pasae dan mengubahnya menjadi pelanggan dalam bisni Anda.
Content Marketing tidak bisa dikerjakan secara asal-asalan, dalam content marketing mengajak Anda untuk merancang konten dengan prinsip: konsisten, penting, dan relavan. Sehingga, konten akan relevan untuk bisnis, menjadi solusi atas kebutuhan target audiens, serta dibuat secara konsisten.
- Video Marketing
Video marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang paling popular nih keberadaannya. Pada faktanya, 89% markerter setuju teknik dalam membuat video cukup berdampak pada ROI perusahaan (Wyzowl, 2020).
Kelebihan video marketing yang harus kalian tahu :
- Konten pada video dapat meningkatkan pemahaman konsumen akan produk Anda;
- Video menjadi tren terkini di berbagai media sosial;
- Meningkatkan coversion;
- Video menjadi masa depan marketing;
- Pelanggan dapat membagikan video.
Perlu diingat konten dalam video marketing harus dibuat secara menarik dan sekreatif mungkin. Format dalam video marketing pun berbagai macam: tutorial, product update, event, video demo, interview, dan lain-lain. Banyak platform yang bisa digunakan untuk video marketing, antara lain: Website, Tiktok, Instagram, Ads, dan masih banyak media platform lainnya.
- Social Media Marketing
Social Media Marketing adalah upaya promosi melalui media sosial baik itu Facebook, TikTok, Instagram, ataupun media sosial lainnya.
Facebook, salah satu media sosial yang hampir semua kalangan anak muda hingga orang dewasa tua. Facebook cocok bagi bisnis dengan target pasar usia 20an-50an.
Meski terlihat sederhana posting-posting untuk pemasaran tidak lah mudah. Konten pemasaran yang hendak di bagikan di media sosial perlu perencanaan matang. Apalagi, karakter setiap channel dari media sosial berbeda.
Anda perlu mendalami social media marketing demi membangun taktik dari bisnis Anda, Sebab, di sini Anda akan mempelajari secara detail kekurangan hingga kelebihan dari setiap platform media sosial. Alhasil, Anda bisa merancang strategi marketing yang cocok dan sejalan dengan misi dari bisnis Anda.
- Email Marketing
Pemasaran bisnis melalui email merupakan salah satu taktik digital marketing secara personal, email marketing menjadi pilihan yang tepat. sesuai namanya, email marketing adalah pemasaran jasa atau produk melalui email.
Selain mudah dan praktis, email marketing juga banyak memiliki manfaat, diantaranya:
- Biaya yang dikeluarkan relative lebih kecil
- Menjangkau target lebih luas
- Email mampu menyampaikan pesan perusahaan secara efektif
- Mudah menjangkau konsumen lewat berbagai perangkat yang beda-beda
- Pay Per Click (PPC)
Pay Per Click (PPC) adalah strategi marketing di mana pebisnis hanya diminta untuk membayar setiap iklan yang diklik atau direspons audiens.
Kelebihan PPC antara lain :
- Dapat mengatur target audiens sesuai dengan target yang diinginkan;
- Hasil lebih cepat didapat;
- Anggaran perusahaan Anda bisa disesuaikan;
- Algoritma tidak mempengaruhi PPC;
- Target audiens sulit membedakan PPC dengan organic.
Lain dengan SEM, penggunaan PPC lebih umum. Tidak hanya untuk mesin pencarian saja, PPC hadir dalam bentuk iklan apapun yang dapat diklik. Semisal Google Ads, TikTok Ads, Facebook Ads, dan lain-lain.
- Native Advertising
Native Advertising untuk beberapa orang asing dengan namanya. Native Advertising adalah konten berbayar yang dipasang di platform tertentu. Berbentuk artikel, video, dan konten lainnya. Format kontennya mirip dengan postingan biasa, sehingga marik untuk diklik dan dikunjungi.
- Affiliate Marketing
Jenis digital marketing berikutnya adalah affiliate marketing. Salah satu strategi perusahaan untuk bermitra dengan pihak lain menggunkan sistem komisi.
Yang berarti, mitra afiliasi akan mendapatkan bayarn jika berhasil menjual salah satu atau beberapa produk melalui link tertentu.
Ada beberapa alasan kenapa Affiliate Marketing menguntungkan bagi pebisnis:
- Memasarkan produk secara efektif dengan anggaran yang rendah;
- Jangkauan promosi luas;
- Risiko minim;
- Mendapatkan trafik dari customer para afiliator.
Singkatnya, affiliate marketing memungkinkan Anda memasarkan produk atau layanan jasa dengan biasa yang minimal. Sebab, kegiatan promosi ditanggun oleh mitra afiliasi itu sendiri.
- Customer Service Automation
Seperti namanya, customer service automation suatu sistem layanan pelanggan yang mengeliminasi proses manual untuk mencapai sesuatu. Misal, penyediaan chat bot dalam website perusahaan, pengiriman invoice, pembayara otomatis melalui email, dan lain-lain.
Bagi bisnis, pengunaan customer service automation dapat membawa manfaat penting :
- Meningkatkan produktivitas tim customer service;
- Mengurangi waktu yang lama untuk antrian calon konsumen;
- Menghemat anggaran;
- Meminimalisir adanya human error;
Dilihat dari sisi digital, customer service automation berperan cukup penting untuk mengumpulkan data calon konsumen, dapat memudahkan perusahaan menjalankan strategi bisnis secara otomatis.
Misalnya, mengirim rekomendasi produk berdasarkan pertanyaan calon pelanggan, membantu menangani keluhan customer dengan memberi arahan ke artikel blog, dan lainnya.
Nah untuk Anda yang ingin menggunakan jasa digital marketing bisa langsung hubungi kami via whatsapp klik disini.